Sunday, February 24, 2013

Pemutakhiran Data Pegawai: hanya sebuah proyek?

Era yang sekarang tengah berkembang di negeri kita adalah era pengumpulan data. Dimulai dari KTP, SIM, Pajak, semuanya diarahkan kepada digital. Artinya, segala input, akan dirubah menjadi pola digital. Hal ini tidak menjadi aneh ketika unsur-unsur pemerintah dan swasta meminta data personil anggotanya atau staf nya.

Hal yang menjadi aneh adalah tidak adanya sinkronisasi antar unsur-unsur tersebut sehingga muncullah formulir kinerja, formulir evaluasi, formulir data mutakhir, dan bla bla bla. Isinya hampir sama dan berkisar pada hal-hal itu. Belum lagi deadline nya begitu cepat yang membuat semua orang jadi kalang kabut. Ditambah lagi format yang tidak baku dan dapat dipastikan berubah dari tahun ke tahun. Terlihat sekali ini terkesan suatu proyek dan kelihatan belum matang serta digarap oleh ahli yang kurang ahli. Kalau memang ahli, ayo bikin programnya yang mampu dibuka di semua OS. Program berbasis web pun, sangat tidak praktis. Mau edit saja, susahnya minta ampun.

Sekarang sepertinya makin banyak orang yang memegang kekuasaan tapi tidak smart. Akibatnya, sudah jelas: tidak kunjung maju dan mendatangkan persoalan. Sampai kapan hal ini terus terjadi? Kalau bikin proyek cobalah untuk lebih serius.

0 comments:

Post a Comment



 
^

Powered by Blogger blogger addicted por UsuárioCompulsivo
original Washed Denim por Darren Delaye
original content by OmAlbari as admin
Creative Commons License