Up to Date News

Monday, October 31, 2011

Indonesia masih dalam peringkat atas korupsi

Menurut reportase http://www.transparency.org/policy_research/surveys_indices/cpi/2010/results, indonesia masih dalam status korupsi yang berwarna merah. Warna ini sejajar dengan negara terbelakang lain seperti Bangladesh, Myanmar, Negara-negara di afrika. Meskipun sudah naik peringkat, tapi peningkatan itu, hanya sekitar 0,3 semenjak tahun 2006. Dulu kita kalah dengan Philippines, sekarang kita mulai beranjak dan sudah mengalahkan negara tersebut sebesar 0,1 point.

Walau masih kalah jauh dibandingkan Malaysia (skor sekitar 4), bahkan US (skor sekitar 8) tapi terus merangkak naik. Apakah ini karena langkah kerja KPK ataukah para Irjen yang sering menemui temuan. Berbicara mengenai temuan Irjen, para pejabat biasanya kalang kabut menghadapi hal ini. Kan baru berupa temuan, bukan tuduhan, jadi masih bisa diperbaiki.

Sepertinya korupsi tergantung pada angka penghasilan. Coba tengok USA, Negara-negara Eropa, Australia, Jepang, yang punya penghasilan 10 kali lipat. Bandingkan dengan negara negara miskin dan negeri bentrok. Oleh karena itu, pantas jika pemerintah terus berniat menaikkan gaji. Tapi perlu diingat, Indonesia adalah negara seluas USA, yang penduduknya seperti kereta api. Ada yang di lokomotif, ada juga yang di ekornya. Kereta apinya panjang sekali, alias penduduknya sangat banyak. Oleh karena itu, keberhasilan pemerintah juga akan ditentukan pada kebijakan pengaturan populasi.

0 comments:

Post a Comment



 
^

Powered by Blogger blogger addicted por UsuárioCompulsivo
original Washed Denim por Darren Delaye
original content by OmAlbari as admin
Creative Commons License